Sunday, March 11, 2012

Asal Usul Emas Dan Investasi Emas

Logam mulia/emas merupakan salah satu instrumen investasi tertua sepanjang sejarah umat manusia. Sejak zaman dahulu, logam mulia/emas telah menjadi alat untuk menyimpan kekayaan yang teruji dalam kurun waktu yang panjang. Apa pun masalah yang dialami suatu bangsa / negara, logam mulia/emas tetap menunjukkan keperkasaannya.

Seorang Investor yang sukses adalah investor yang memilih secara tepat instrumen investasi unggulan, dan membeli dengan harga murah dan meraih keuntungan manakala harganya naik secara signifikan. Biarpun logam mulia/emas belum terjangkau radar investasi pada investor kebanyakan, sesungguhnya logam mulia/emas mempunyai potensi imbah hasil yang cukup baik di masa depan. Memang logam mulia/emas bersifat defensif yaitu untuk melindungi Anda dari perekonomian yang memburuk. Tapi logam mulia/emas juga bisa ofensif untuk mencari keuntungan tinggi melalui spekulasi. Memang lebih disarankan, investor menggunakan logam mulia/emas untuk yang lebih bersifat defensif atau lindung nilai dibandingkan dengan yang infensif.

Belakangan ini, popularitas logam mulia/emas kembali menanjak ditandai dengan naiknya harga logam mulia/emas yang tinggi, dimana mata uang dollar dalam keadaan turun. Sebagian dari mata uang tersebut bahkan mencapai titik terendah sepanjang sejarahnya. Terlebih lagi, pemburukan ekonomi yang terjadi di sejumlah negara di dunia membuat performa logam mulia/emas semakin menggila harganya.

Maka dari itu, dikala keadaan ekonomi memburuk (tidak menentu), alangkah baiknya Anda mendiversifikasi investasi Anda ke dalam logam mulia/emas, terutama emas batangan.http://harga-emas.com/

Beberapa tips pemilihan emas:
  1. Update Kurs Emas Update kurs emas bisa anda dapatkan setiap hari, pada pukul 09.30 atau anda bisa menghubungi langsung ke PT Antam, Tbk.
  2. Perhatikan Dua Faktor Penentu yaitu faktor harga emas dunia dan faktor kurs rupiah terhadap dolar. Oleh karena itu disarankan untuk selalu meng-update setiap saat, informasi dua faktor tersebut.
  3. Perhatikan Keaslian Emas Keaslian emas dapat mengacu pada sertifikat yang diperoleh pada saat transaksi emas batangan (lempengan). Dimana sertifikat itu harus dikeluarkan oleh PT Antam, Tbk. (khusus Indonesia) yang berstandar internasional dan telah diakui oleh London Bullion Market Association (LBMA). Sertifikat asli memiliki nomor seri yang juga terdapat pada lempengan emas, dan ukuran 5 x 6 cm. Sedangkan untuk memastikan keaslian emas lempengan, anda dapat melihat logo LM berbentuk segi lima yang tertera, serta terdapat tulisan Fine Gold .9999, dan apabila nilai emas lebih dari 5 gram disertai nomor seri pada lempengan (yang biasanya diawali dengan dua karakter huruf dan tiga digit angka).
  4. Pastikan Kadar Kemurnian Emas, sesuai dengan Standar Internasional Emas 24 Karat (emas murni) berkomposisi 99.99% emas, Emas 22 Karat berkomposisi 91.7% emas dan 8.3% campuran bahan lain (perak), Emas 20 Karat berkomposisi 83.3% emas, Emas 18 Karat berkomposisi 75.0% emas, Emas 16 Karat berkomposisi 66.6% emas, Emas 14 Karat berkomposisi 58.5% emas, dan Emas 9 Karat berkomposisi 37.5% emas.
  5. Biaya Produksi Biaya produksi yang dikenakan berkisar antara Rp 33.500,- sampai dengan Rp 102.000,-/keping emas.
  6. Simpan Bukti Pembelian dan Bukti Keaslian Emas Hal ini adalah sebagai bukti keaslian bilamana anda menjual emas kembali ke tempat Anda membelinya, karena tentu akan lebih mudah dan tidak ada banyak pertanyaan seputar emasnya.    Sumber: http://harga-emas.com/
Harga Emas di Indonesia
Harga Emas Batangan - Harga Logam Mulia Produksi Aneka Tambang
Update: Kamis, 08 Maret 2012 

Komoditas     Gram             Jual(Rp)                 Beli(Rp)
  LM 24K - 1 Gram                508.500                  498.500  
  LM 24K - 5 Gram             2.628.500               2.492.500  
  LM 24K - 10 Gram           5.207.000               4.985.000  
  LM 24K - 25 Gram         12.869.000             12.462.500  
  LM 24K - 50 Gram         25.635.500              24.925.000  
  LM 24K - 100 Gram       51.000.000              49.850.000  
  LM 24K - 250 Gram     127.125.000            124.625.000  



Asal Usul Emas



Disamping kita mengetahui tentang harga emas dan cara investasinya tidak ada salahnya kalau kita juga mengetahui asal usul emas yang sudah ditemukan oleh beberapa para ilmuwan dari london. Siapa tahu dengan mengetahui asal usul emas kita bisa mendapatkan informasi ilmu terbaru didunia emas dan ulasan tersebut sebagaimana saya dapatkan, seperti ulasan artikel dibawah ini yang sengaja saya tuliskan kembali untuk sobat semua.

Para ilmuwan mengatakan mereka menemukan bukti bahwa beberapa logam berharga, antara lain emas dan platinum, berasal dari angkasa luar miliaran tahun lalu.
Para peneliti dari Universitas Bristol, Inggris mengambil kesimpulan berdasarkan penelitian terhadap endapan berusia empat miliar tahun di Greenland.
Mereka menemukan isotop yang berada di dalam endapan jelas berbeda dengan isotop yang berasal dari Bumi.
Menurut mereka, perbedaan ini memperkuat teori yang menyebutkan logam-logam berharga yang kita gunakan sekarang ini sampai ke Bumi melalui pelepasan sebuah meteor besar ketika meteor baru berusia 200 juta tahun.
Logam emas dan logam-logam berat lain kemudian tenggelam ke dalam inti bumi yang meleleh pada masa-masa awal.
Namun asal-muasal pertama dari emas yang kini menjadi barang perhiasan dalam bentuk cincin, kalung dan lain-lain bahkan lebih eksotis, lapor wartawan BBC, Risto Pyykkö.
Menurut ilmuwan, logam emas terbentuk akibat benturan antar bintang-bintang neutron, ledakan paling dasyat yang pernah terjadi di alam semesta.

Sumber : Disini

0 comments:

Post a Comment

 
Gudang Jempol © 2012