Sunday, March 11, 2012

Tiga Aspek Membantu Mengurangi Pengemis

Bangsa Indonesia punya kemampuan memberantas kemiskinan dan memperkecil jumlahpengemis yang turun ke jalan jika diterapkan tiga tindakan dibawah :
1. Hidupkan kurikulum entrepreneurship di sekolah. Sudah jadi rahasia umum bahwa tujuan anak-anak Indonesia bersekolah untuk  cari  kerja.  Namun bila  sejak  dini pikiran mereka direcoki topik  menciptakan lapangan kerja, saya yakin akan lebih banyak orang mengikuti jejak Bill Gate. Tanpa ijazah sarjanapun sanggup menggaji sarjana-sarjana terbaik dibidang  masing-masing. Entrepreneur mindset akan membuka jutaan lapangan kerja sehingga tiap anak  bisa  sekolah. Pendidikan membuka peluang untuk hidup lebih baik.
2. Beri Ilmuwan peneliti insentif yang baik dan naikan biaya riset. Rahasia umum berikut, banyak ilmuwan  peneliti diperlakukan sebagai pegawai negeri biasa. Fasilitas yang mereka terima hanya sesuai pangkat, tidak berdasarkan prestasi dari proyek yang digarap. Akibatnya  gitu deh mereka tak terpacu bekerja lebih giat. Kalau ada kesempatan lebih suka menerima tawaran  dari negara lain karena penghargaan dan rewardnya lebih menarik. Kalau Indonesia kaya oleh peneliti terbaik dan dana riset juga tersedia, hasil penelitian terutama yang aplikatif bisa langsung digunakan untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Ekonomi negara yang maju penggemisnya akan tambah sedikit.
3. Hidupkan kembali balai latihan kerja. Depnaker dulu memiliki balai latihan kerja. Tapi entah mengapa sekarang musnah begitu saja. Padahal rakyat Indonesia  tambah banyak yang tentu sejalan dengan tuntutan kesejahteraan.Kurikulum balai ini harus sejalan dengan trend kebutuhan bursa kerja. Jangan membuat program mengetik sebelas jari sementara yang dibutuhkan adalah tenaga yang  bisa mengoperasikan komputer. Pada balai ini juga disediakan latihan cara berproduksi seperti bagaimana membuat selai pisang atau merubah tepung singkong jadi biskuit yang enak.
Sumber : disini

0 comments:

Post a Comment

 
Gudang Jempol © 2012